Premium Rush


One Hell of a Ride!

26 September 2012

Sutradara: David Koepp
Produser: Gavin Polone
Penulis Naskah: David Koepp / John Kamps
Pemain:  Josep Gordon Levitt / Michael Shannon / Dania Ramirez / Jamie Chung
Sinematografi : Mitchell Amundsen
Editing: Derek Ambrosi / Jill Savitt
Ilustrasi Musik: David Sardy
Studio:  Pariah
Distributor: Columbia Pictures
Durasi: 91 menit
Bujet: $35 juta

Premium Rush seperti film aksi ringan lazimnya, berkisah sangat sederhana. Wilee (Levitt) adalah seorang kurir sepeda di kota New York. Dengan bermodal sepeda tanpa rem, insting yang kuat, serta kenekatannya, Wilee berpacu dengan waktu melawan kemacetan, pejalan kaki, hingga pintu taksi untuk bisa mengantarkan paket tepat waktu. Suatu ketika Wilee mengantarkan sebuah paket kecil, yakni sebuah amplop yang tanpa ia duga akan mengantarkannya ke sebuah petualangan seru yang menegangkan.


Ride Like Hell! Begitu kata tag line film ini di posternya dan kenyataannya memang benar! Adegan aksi Premium Rush adalah bicycle chase terbaik yang pernah ada. Adegan aksinya dijamin memacu adrenalin dan membuat jantung Anda berdegup kencang setiap kali sepeda Wilee nyaris tertabrak. Kombinasi dan presisi sempurna antara editing cepat, sudut-sudut kamera yang unik, score yang menegangkan, plus sedikit humor menjadikan adegan aksi kejar-mengejar sepedanya begitu menegangkan dan menyenangkan untuk ditonton. Penggunaan teknik animasi unik untuk menggambarkan tujuan dan jarak tempuh paket yang akan dikirim lalu juga opsi-opsi jalan yang diambil Wilee untuk menghindari lalu lintas disajikan atraktif dan amat mendukung ketegangan aksinya.

Superioritas adegan aksinya sayangnya tidak diimbangi dengan plot dan argumen cerita yang lemah. Kemasan cerita unik yang dituturkan secara nonlinier juga tidak mampu menambal  kisahnya. Kisah yang awalnya dibangun lumayan dan mampu membangkitkan rasa penasaran justru menurun hingga klimaks yang sangat mengecewakan. Penampilan para kastingnya terutama para biker (Levitt, Ramirez, Shannon) justru yang sedikit menutupi kelemahan ini dan tampak sekali jika mereka sangat menikmati perannya. Premium Rush dengan adegan aksinya yang sangat mengagumkan, sayang untuk Anda lewatkan di bioskop. Lupakan kisahnya. It’s one hell of a ride! (B-)

No comments: