Zero Dark Thirty

A Top Class Action Thriller


20 Februari 2013

Sutradara: Kathryn Bigelow
Produser: Mark Boal/Kathryn Bigelow
Penulis Naskah: Mark Boal
Pemain: Jessica Chastain/ Jason Clark/Joel Edgerton/Mark Strong
Sinematografi: Greig Fraser
Editing: William Goldenberg/Dylon Tichenor
Ilustrasi Musik: Marco Beltrami
Studio: Annapurna Pictures
Distributor: Columbia Pictures
Durasi: 157 menit
Bujet: $40 juta


Kolaborasi Bigelow dan Boal setelah sukses dengan Hurt Locker kali ini kembali dengan Zero Dark Thirty yang sepertinya bakal mengulang sukses yang sama di ajang Academy Awards. Mirip dengan United 93’ garapan Paul Greengrass, film ini adalah kisah fiksi yang diinspirasi dari kejadian nyata dengan plot utama perburuan gembong teroris, Osama Bin Laden sejak tragedi 9-11. Tokoh sentral adalah Maya (Chastain), seorang wanita muda anggota CIA yang mendedikasikan dirinya untuk memburu segala info yang mengarah ke Osama Bin Laden. Sepanjang film kita hanya melihat bagaimana karakter ini mengejar segala info sekecil apa pun melalui sarana intelejen dan interogasi tawanan teroris serta seringkali beradu mulut dengan bosnya karena ia dianggap membuang waktu. 


Masalah besar yang dihadapi kisahnya adalah semua orang telah tahu apa yang terjadi di akhir cerita. Kekuatan cerita ada pada proses, bagaimana, dan apa yang melatarbelakangi semuanya bisa terjadi. Film ini mampu menggambarkan proses investigasi secara detil sejak awal dengan sesekali didukung fakta-fakta atau footage yang sesungguhnya. Entah semuanya benar-benar terjadi atau sekedar dramatisasi cerita but it works. It really works. Penonton disajikan sebuah aksi thriller yang sangat intens hingga klimaks yang sangat menegangkan, yang mampu membuat penonton lupa akan “ending” filmnya.

Satu lagi yang menghidupkan filmnya adalah penampilan Jessica Chastain yang sangat beruntung mendapatkan peran yang pas sebagai Maya. Chastain yang wajahnya selalu terlihat lelah hampir sepanjang film, bermain sangat baik sebagai wanita yang ambisius dan pantang menyerah melawan segala rintangan yang dihadapi. Tercatat aktor-aktor pendukung lainnya juga bermain sangat prima, Jason Clark sebagai Dan (kolega Maya), Mark Strong sebagai Patrick (Bos Maya). Mencuri perhatian juga penampilan Joel Edgerton yang bermain sebagai pimpinan tim penyergapan di klimaks film.

Zero Dark Thirty adalah bukan film “politik” namun secara sederhana sebuah film aksi thriller murni yang dikemas dengan sangat baik dan berkelas. Terlepas kisahnya benar apa tidak namun dijamin penonton disajikan sebuah tontonan bermutu yang sangat menegangkan. Nuansa politik jelas tak luput dari pandangan banyak orang karena menyangkut kebijakan politik AS melawan terorisme, seperti metode interogasi para tawanan teroris, aksi penyergapan teroris, dan lainnya. Siapa pun boleh beropini apa saja namun Zero Dark Thirty simply just a top class action thriller. Zero bakal menjadi kontender terkuat dalam ajang Academy Awards besok mendampingi Life of Pi. (A)

No comments: