Titanic 3D

Pemuas Mata Tidak Lagi Hati



18 April 2012

Sutradara: James Cameron
Produser: James Cameron
Penulis Naskah: James Cameron
Pemain: Leonardo DiCaprio / Kate Winslet / Billy Zane / Gloria Stuart / Kathy Bates / Bill Paxton
Sinematografi : Russel Carpenter
Editing: James Cameron / Conrad Buff IV / Richard A. Harris
Ilustrasi Musik: James Horner
Studio:  20th Century Fox / Paramount Pictures / Ligthstorm Entertainment
Distributor: 20th Century Fox / Paramount Pictures
Durasi: 194 menit
Bujet: $200 juta

Entah kita sudah berapa kali menonton filmnya. Kisah cinta Rose dan Jack yang abadi sudah bukan isu lagi sewaktu menonton film versi 3D-nya ini. Konon Cameron mempersiapkan waktu cukup lama, sekitar 60 minggu dengan bea produksi transisi sekitar $18 juta. Cameron merestorasi  film ini menjadi menggunakan resolusi 4K yang mampu menghasilkan gambar berkualitas sangat baik.

Versi 3D-nya boleh dibilang sangat baik dan diatas rata-rata film-film 3D live action kebanyakan.  Walau resolusi 4K yang menjadi andalan tidak setajam dan sejernih yang dibayangkan namun tone gambarnya mampu menyatukan rekayasa digital dengan gambar live-nya. Hal ini tampak jelas pada adegan ketika Titanic mulai berlayar ke laut lepas. Foreground dan background pada hampir semua adegan disajikan cukup menawan walau kadang pada momen intim tertentu justru “menjauhkan” jarak antara dua karakter. Gambar foreground yang sengaja dibuat kabur kadang-kadang agak menggangu lalu jika pergerakan cepat (tracking shot) gambar menjadi tidak fokus dan sangat tidak nyaman dimata. Entah ini kesalahan teknis pihak eksibitor atau memang aslinya seperti ini.

Secara umum versi 3D Titanic sangat baik terutama pada separuh akhir kisahnya hingga klimaks filmnya. Penonton generasi sekarang yang belum pernah sama sekali melihat film ini bisa jadi  lebih menikmati filmnya. Bagi yang sudah pernah menonton filmnya berulang kali ibarat menikmati hidangan menu yang lezat sewaktu kita tidak lapar. Hanya mata kita yang menikmati namun tidak hati kita lagi. (Score B)

No comments: