A Good Day to Die Hard

This is Not “Die Hard”

6 Februari 2013

Sutradara: John Moore
Produser: Alex Young
Penulis Naskah: Skip Woods
Pemain: Bruce Willis/Jai Courtney/Sebastian Koch/Cole Hauser
Sinematografi: Jonathan Sela
Editing: Dan Zimmerman
Ilustrasi Musik: Marco Beltrami
Studio: Dune Entertainment/Media Magik Entertainment/Origo film Group
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 97 menit
Bujet: $125 juta




Ketika melihat trailer-nya beberapa bulan yang lalu sudah tercium kualitas filmnya yang buruk, dan dugaan tersebut ternyata tidak salah. Sejak seri 1 hingga 4, seri Die Hard menjadi salah satu film action franchise yang paling populer dan dinanti. Plotnya yang khas, karakter John McClane yang karismatik, jaminan adegan aksinya yang wah dan menegangkan, plus sedikit bumbu humor, serta skala cerita yang semakin meluas. Wajar jika semua orang memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap film ini. Film kelimanya kali ini dengan cerobohnya menghilangkan semua keistimewaan seri ini.

                Cerita kali ini ada di tanah Rusia, dimana puteranya terlibat plot membingungkan yang melibatkan seorang tokoh penting, Komarov. McClane terlibat dalam situasi rumit ini di waktu yang salah. Hasilnya McClane terlibat perburuan dog & mouse yang tak jelas dan perkembangan cerita yang serba membingungkan pula. Motif cerita menjadi hal terlemah dalam kisah filmnya karena aspek inilah yang menggerakkan aksi. Motif cerita yang lemah menjadikan adegan aksi menjadi hambar dengan ketegangan cerita yang sama sekali nol. Kita tidak mampu bersimpati maupun peduli apapun dengan karakternya. Singkat kata, kisahnya sangat memaksa. Sub plot bapak dan anak malah terasa sedikit menyentuh, itu pun karena kita telah mengenal karakter McClane sejak lama.

                Satu yang paling disesalkan adalah adegan aksinya yang brutal. Di seri Die Hard terdahulu, McClane adalah sosok polisi yang nekat tapi tidak ngawur dan ia selalu memiliki alasan atau motif yang kuat untuk melakukan sebuah tindakan atas aksinya. Satu alasan utamanya adalah jiwanya terancam (semua seri), orang-orang terdekatnya terancam nyawanya (seri 1, 2, dan 4), dan sesuatu hal yang bisa mengancam jiwa banyak orang (seri 1, 2, 3, dan 4). Kali ini McClane bukan sosok McClane yang sebenarnya tapi sosok yang sangat ceroboh dan ngawur. Sekuen aksi kejar mengejar mobil di kota adalah satu contoh sempurna. Hanya untuk menyelamatkan anaknya tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi, dia bisa membunuh puluhan banyak orang di jalanan. Lalu ada satu aksi memukul seorang pemilik mobil yang tak bersalah. What the hell? This is not John McClane.

                Die Hard 5 atau A Good Day to Die Hard (judul paling konyol dari semua seri) dari segala sisi bukan seri Die Hard seperti lazimnya. Plot, karakter, adegan aksi, terlebih unsur thriller, semua adalah salah. This is no Die Hard. Fans sejati Die Hard boleh jadi kecewa berat. I Hope this is the last time. John McClane is too old for this. (F)

2 comments:

tri nugroho said...

come on, just have fun with this

aldian said...

review filmnya bagus :) yang mau baca review film terbaru, bisa langsung ke http://www.gostrim.com selamat membaca :)