Wall Street: Money Never Sleep, Greed is Good or Family is Good?

6 Oktober 2010
Wall Street: Money Never Sleep (2010)
Sutradara: Oliver Stone
Produser: Edward R. Pressman / Eric Kopeloff
Penulis Naskah: Allan Loeb / Stephen Schiff
Pemain: Michael Douglas / Shia Labeouf / Josh Brolin / Susan Sarandon
Ilustrasi Musik: Craig Amstrong
Sinematografi: Rodrigo Prieto
Editing: David Brenner / Julie Monroe
Studio: Edward R. Pressman Film
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 127 menit
Bujet: $ 70 juta

Film ini merupakan sekuel dari Wall Street (1987), film drama thriller berkualitas tentang seorang milyuner, Gordon Gekko (Douglas) yang melakukan perdagangan saham secara ilegal. Dikisahkan beberapa tahun setelahnya, Gekko mengalami banyak masalah baik bisnis serta keluarga, hingga ia dijebloskan ke dalam penjara. Seperti film aslinya, sekuel filmnya kali ini mengambil cerita pada sosok pialang muda, Jacob Moore (Labeouf) serta kekasihnya, Winnie yang merupakan putri dari Gekko yang sangat membenci ayahnya. Gekko sendiri setelah keluar dari penjara, kini harus menghidupi dirinya melalui buku yang ditulisnya, serta menjadi pembicara seminar. Sementara di lain pihak Jacob, menghadapi masalah besar sepeninggal mentornya, Keller Zabel yang bunuh diri akibat perusahaannya yang hancur. Jacob berniat membalas dendam pada Bretton (Brolin), seorang pengusaha licik yang menjadi pesaing mentornya. Jacob juga mendekati Gekko serta meminta nasihat darinya sekalipun kekasihnya telah memperingatkan untuk jangan mempercayai ayahnya.

Tidak seperti film aslinya, sekuelnya kali ini memiliki tempo alur cerita yang lebih lambat. Porsi Gekko dalam filmnya kali ini juga lebih sedikit. Tidak seperti film aslinya, cerita filmnya kini lebih bergeser ke masalah keluarga ketimbang konflik bisnis. Entahlah apa karena “tamak” sudah menjadi jamak kini, namun yang jelas intrik politik bisnis yang disajikan kali ini tampak kurang menggigit. Sekalipun Stone menggunakan kejatuhan harga saham serta terpuruknya bisnis properti di Amerika beberapa tahun lalu sebagai latar kisah film ini namun ketegangan di bursa saham tampak sekali kurang greget. Sangat jauh jika kita bandingkan dengan unsur ketegangan di film pertamanya. Cerita, sosok Gekko, serta sisi dramatik antara Jacob dan Winnie, semuanya serba kurang menggigit. Greed is Good or Family is Good? Seperti di film pertamanya, bukankah film ini mestinya tentang “ketamakan”?

Douglas yang meraih Oscar dalam Wall Street karena bermain luar biasa sebagai Gordon Gekko, kini sebenarnya masih tampil karismatik. Kehadirannya selalu ditunggu ketika ia tidak muncul dalam layar. Labeouf dan Brolin sendiri juga bermain biasa saja. Lebouf bermain disini sepertinya hanya untuk menarik penonton remaja saja. Namun satu pencapaian yang sangat menonjol adalah aspek sinematografinya. Seperti film ini lebih berbicara melalui bahasa visual (terutama kamera) ketimbang penekanan ceritanya. Sineas terkesan lebih menyukai menyajikan panorama kota New York yang memang disajikan sangat menawan. Baik komposisi, gerak serta sudut kamera, kecepatan gambar, hampir dalam semua adegan disajikan begitu mengesankan. Entahlah, yang jelas gambar-gambar yang disajikan dalam film ini jauh lebih enak dinikmati ketimbang cerita filmnya. Dalam satu adegan aksi balap motor, entah sudah berapa lama kita tidak menikmati sajian indah seperti ini, dimana lebih menggunakan aspek sinematografis ketimbang teknik editing cepat seperti film masa kini kebanyakan.

Wall Street: Money Never Sleep secara umum disajikan kurang menggigit. Sekalipun Douglas masih tampil menawan namun ini masih tidak mampu mengangkat filmnya. Amat disayangkan, kombinasi sentuhan Stone serta Douglas mestinya memiliki potensi untuk membuat sekuel yang lebih baik dari ini. Uang memang bukan segalanya, kita semua sudah tahu itu. Keluarga adalah hal yang paling utama, kita semua juga sudah tahu itu. Hei, but they said, Greed is Good. Mana Stone? (C)

No comments: