X-Men Origins: Wolverine… Just Another Prequel

29 April 2009,
Mengawali musim panas 2009, akhirnya rilis juga X-Men Origins: Wolverine, yang telah dinanti banyak penggemarnya. Film arahan Gavin Hood ini merupakan prekuel dari tiga seri X-Men sebelumnya, dan masih dibintangi oleh aktor Hugh Jackman sebagai Wolverine. Sudah sejak sebulan lalu film ini telah ramai dibicarakan orang menyangkut isu bocoran filmnya yang telah tersebar luas di media internet. Apakah bocoran filmnya bakal mempengaruhi jumlah penontonnya? Sepertinya di negara kita, Ya.
..
..
Plot filmnya sendiri mengambil kisah belasan tahun sebelum kejadian pada film pertama (X-Men) berlangsung. Sepuluh menit pertama filmnya memperlihatkan sekilas kehidupan Logan (Jackman) bersama saudaranya, Victor (Lic Schreiber), sejak ia kecil hingga dewasa melalui satu sekuen montase yang menawan. Plot selanjutnya lebih fokus pada peristiwa yang melatarbelakangi kejadian dalam X-Men 2, yang terkait erat dengan tokoh Jendral William Stryker. Penonton yang tahu benar cerita dua film pertama rasanya tak sulit untuk mencerna film ini. Ending film pun mudah untuk diduga karena telah terpapar jelas di dua film pertamanya. Namun secara keseluruhan film ini mampu menjalankan tugasnya dengan baik, menjelaskan asal-usul Wolverine dan Sabretooth, mengapa mereka berseteru, serta apa dan siapa yang melatarbelakangai semua peristiwa yang terjadi dalam X-Men 2. Cuma itu tidak lebih.
..
Siapa pun yang menonton pasti mengharapkan banyak tontonan aksi, seperti di tiga film sebelumnya. Bisa jadi Anda kecewa karena kali ini porsi drama lebih besar ketimbang aksi dengan tempo yang relatif lambat. Bicara aksi, tercatat tiga sekuen aksi besar yang terdapat di awal, pertengahan, dan akhir film. Itu pun hampir tidak ada yang baru dan kalau boleh jujur kualitasnya masih jauh dibawah tiga film sebelumnya. Namun beberapa hal menarik patut dicatat karena terdapat banyak karakter yang tidak muncul dalam tiga seri sebelumnya. Untuk pertama kalinya kita diperkenalkan karakter penting X-Men lainnya yakni, Gambit dengan gaya bertarungnya yang khas menggunakan kartu (poker) dan tongkat. Sayangnya karakter ini hanya muncul sebentar. Aneh, mengapa karakter eksentrik ini tidak muncul dalam tiga seri sebelumnya.

Unsur dramanya sendiri tidak banyak yang ditawarkan. Salah satunya hubungan Logan dan Kayla yang kelak menjelaskan ketertarikan Logan pada Jean Grey. Dalam banyak hal, alur cerita pun masih tak jelas dan berkesan dipaksakan untuk menghasilkan ending yang diharapkan (dua film X-Men pertama). Seperti motif Stryker mengumpulkan para mutan (di awal film) sebenarnya apa? Untuk melakukan tugas rahasia negara? Untuk melakukan eksperimen terhadap para mutan? Atau menciptakan mutan baru? Semua ini untuk apa? Mengapa menciptakan sesuatu (meng-upgrade mutan) yang mereka sendiri kelak beresiko tidak mampu mengontrolnya, seperti Logan misalnya. Di akhir cerita, Stryker menggunakan peluru Adamantium untuk menghapus memori Logan. Ah mudah sekali… Lagi pula mengapa memorinya harus dihapus, toh banyak orang lain mengetahui rahasia yang sama.

Sebagai penutup, nyaris tidak ada hal yang menonjol dan menarik dalam filmnya. Cerita film secara keseluruhan mudah diduga dan tidak memiliki unsur kejutan. Mungkin akan berbeda sensasinya bagi penonton yang belum pernah sama sekali menonton tiga seri X-Men sebelumnya. Film ini secara umum masih dibawah tiga film sebelumnya. Jika Anda menonton film ini untuk mendapatkan hiburan, rasanya juga tidak ada ruginya. Just don’t expect anything... (C)

No comments: