The Hunger Games


“Battle Royale” versi Hollywood   




23 Maret 2012

Sutradara: Gary Ross
Produser: John Kilik / Nina Jacobson / Suzanne Collins / Robin Bissel
Penulis Naskah: Gary Ross / Susan Collins / Billy Ray
Pemain: Jennifer Lawrence / Josh Huctherson / Liam Hemsworth / Woody Harrelson
Sinematografi : Tom Stern
Editing: Stephen Mirrione / Juliette Welfling
Ilustrasi Musik: James Newton Howards
Studio:  Lionsgate / Color Force
Distributor: Lionsgate
Running time: 142 minutes
Bujet: $ 78 million

Film aksi-fiksi ilmiah, The Hunger Games (HG) merupakan adaptasi seri pertama dari trilogi novel The Hunger Games karya Suzanne Collins. Sekuelnya menanti tahun berikutnya. Film berlatar masa depan ini berkisah tentang sebuah permainan bertajuk The Hunger Games di negara Panem, dimana sekelompok remaja usia 12 – 18 tahun yang diambil dari masing-masing wilayah, dikumpulkan dalam sebuah “arena” untuk saling bunuh hingga satu orang tersisa sebagai pemenang. Katniss Everdeen (Lawrence) dan Peeta Melark (Huctherson) terpilih mewakili distrik 12. Mereka berdua dibimbing seorang mentor bernama Haymitch (Harrelson)yang pernah menjadi juara permainan ini beberapa tahun silam. Haymicth membimbing mereka bagaimana untuk menarik perhatian juri, penonton, dan sponsor, dan untuk tetap hidup dalam permainan kelak. Akhirnya, waktu pertandingan pun tiba.

Film dengan plot senada pernah ada dalam film Jepang kontroversial, Battle Royale (BR/2003). Kisahnya nyaris sama, pemerintah yang kolaps telah kehilangan kontrol khususnya para remaja yang berontak dan anarkis. Untuk mengatasi ini pemerintah mengadakan sebuah permainan tahunan, Battle Royale, dimana dipilih satu kelas secara acak, dan tiap siswa dan siswi harus saling bunuh satu sama lain di sebuah pulau terisolir. BR jauh lebih menegangkan, cepat, dan brutal sekalipun pencapaian teknisnya jelas jauh ketimbang HG. Aturan main BR jauh lebih tegas dan jelas ketimbang HG yang boleh dibilang “tidak punya aturan” karena bisa diubah seenaknya oleh pengasuh permainan. HG lebih menonjolkan unsur dramatik ketimbang kekerasan dan kisahnya sendiri cenderung membosankan dengan durasi hampir 2 1/2 jam. Kejutan dan klimaks yang diharapkan terjadi dalam permainannya, tidak terjadi, justru malah kisahnya predictable.

 BR bisa jadi unggul jauh dari aspek plotnya namun tidak untuk pencapaian teknisnya. Kita bicara Gary Ross disini, sineas yang membuat dua film berkualitas tinggi, yakni Pleasantville dan Sea Biscuit. Namun kali ini film ketiganya masih dibawah dua film diatas. Tidak seperti film sci-fi lainnya yang mengumbar efek visual, HG relatif sederhana karena lebih dari separuh settingnya berada di hutan. Setting di pusat kota juga lebih banyak menggunakan setting interior, dan minim efek visual pula. Bujetnya sendiri juga relatif rendah untuk genre sejenis namun filmnya tidak tampak seperti berbujet medium. Pencapaian paling mengesankan ada pada penampilan Jennifer Lawrence yang bermain cool dan elegan sebagai Katniss. Separuh kekuatan filmnya ada pada kekuatan akting bintang remaja yang tengah naik daun ini. Dua pemain utama lainnya, Hutcherson dan Harrelson juga bermain sama baiknya.

HG tidak lebih hanya versi lunak dari BR. Film ini tidak sekeras dan brutal yang dibayangkan, kisah cinta dan unsur dramatik lebih dominan dalam filmnya. Tidak seperti BR, alasan memunculkan “permainan kematian” ini juga tidak masuk akal. Keadilan jadi pokok masalah disini, kelaparan dimana-mana namun para pemegang kuasa berlimpah makanan, namun kenapa harus permainan ini? Jelas, alasan sederhana dibalik ini semua adalah simbolik untuk menggambarkan umat manusia yang sudah tak bernurani lagi. Terlalu klise, The Running Man pun sedah sejak lama mengusung ide yang sama. Akhir kata, melihat HG hanya mengingatkan betapa bagusnya BR. (C)

1 comment:

Tee said...

Sepertinya penulis belum membaca bukunya ya? Walaupun memang film ini benar-benar payah menunjukkan keganasan Capitol seperti di buku dijelaskan. Yang ingin saya kritk adalah "alasan sederhana dibalik ini semua adalah simbolik untuk menggambarkan umat manusia yang sudah tak bernurani lagi. Terlalu klise". Padahal dalam adegan Seneca Crane dan Presiden Snow itu sudah dijelaskan banget loh kalau negara butuh game ini dengan cara sespesifik ini untuk menakut-nakuti orang di distrik-distrik secara halus namun lugas. Hilangnya nruani? Memang. Tapi mereka masih memikirkan ini lebih lanut tidak sesedrhana itu. Kalau memang itu yang ingin ditunjukkan film ini, maka Katniss dan Peeta gak akan berhasil untuk keluar dari game, mereka seharusnya dibunuh di tempat.

Sebagai orang yang apresiasi BR dan HG, saya rasa anda harus menegerti bahwa THG fokus bercerita tentang seorang gadis yang harus kuat untuk keluarganya dipaksa utnuk bermain permainan sadis dan juga terpaksa menerima kenyataan bahwa seseorang harus mengubah sistem ini, seluruh negara ini dengan perlahan-lahan. Salam tiga jari yang jarang digunakan, simbol pertemanan antara distrik 11 dan 12 dll.

Film ini tidak sekeras dan sebrutal BR? Ya, itu yang membuatnya menarik, namun pesan yang diberikan sangat tajam. FIlm ini menceritakan bahwa hal-hal ini sudah lebih dari 70 tahun terjadi tanpa harus membuat orang mau muntah atau banyak gorenya. Fokusnya juga bukan dalam pertandingan saja, namun seluruh sistem di negara ini dari mulai keluarga Katniss di distrik hingga kekayaan Capitol yang berlebihan.