From Paris with “No” Love dan Aksi Brutal Travolta

5 Februari 2009,
From Paris with Love adalah film aksi garapan sineas Perancis Pierre Morrel. Naskahnya sendiri ditulis oleh sineas Perancis kenamaan Luc Besson yang seperti kita tahu telah menulis naskah film-film penuh aksi seperti La Femme Nikita, Leon, seri Taxi, Taken, serta seri Transporter. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan John Travolta dan Jonathan Rhys Meyers.
..

James Reece (Meyers) adalah asisten duta besar Amerika Peracis yang mendambakan tugas lapangan yang lebih menantang. James hidup bahagia bersama kekasihnya, Caroline yang senantiasa mendukung pekerjaannya. Suatu ketika James mendapat tugas dari atasannya untuk menemani seorang agen khusus, Charlie Wax (Travolta) dalam sebuah operasi rahasia. Wax yang bekerja cepat dan brutal sangat mengejutkan James. Lambat laun James akhirnya sadar jika Wax ternyata berusaha mengungkap dan menghabisi jaringan teroris di Paris yang akan beraksi dalam sebuah KTT yang berlangsung di Paris dalam waktu dekat.

Satu hal yang menjadi nilai unik (bukan lebih) film ini adalah sosok Travolta yang bermain sebagai agen Charlie Wax. Travolta kali ini tampil plontos dan beranting sebagai sosok agen yang bertindak spontan, cuek, suka bercanda sekaligus brutal. Sang aktor yang telah berumur ini ternyata masih mampu bermain enerjik dalam film aksi bertempo tinggi ini. Rekan mainnya Jonathan Rhyes Meyers tidak bermain buruk sebagai sosok James Reece yang lugu dan memiliki chemistry yang lumayan dengan Wax. Keluguan James menjadi bahan lawakan Wax yang memberi banyak unsur komedi dalam film ini.

Tak banyak komentar untuk plot filmnya. Seperti film-film Besson kebanyakan, tempo cerita yang cepat dan ringkas semata-mata hanya untuk memotivasi munculnya adegan aksi. Satu adegan aksi demi adegan aksi berikutnya muncul tanpa henti hingga klimaks filmnya. Logika tidak perlu dipertanyakan lagi. Memang bisa di mengerti mengapa Wax secara membabi buta menghabisi semua orang yang terlibat dalam jaringan teroris tersebut namun yang tidak bisa di mengerti mengapa ia harus menghabisi satu kelompok geng jalanan yang sepertinya tidak terlibat apa-apa. Menghibur memang tapi konyol!

From Paris with Love memakai formula standar film aksi kebanyakan, plot yang ringan mudah ditebak serta aksi tentunya. Nilai hiburan filmnya selain adegan aksi yang seru adalah unsur komedi yang diselipkan dalam banyak adegannya. Travolta jelas adalah menjadi daya tarik utama film ini. Untuk penonton yang suka film aksi ringan dan menghibur, film ini jelas bisa menjadi pilihan tontonan. Warning untuk penonton wanita: this is not romance movie! (C)

No comments: