Unstoppable, Unstoppable Aksi


Unstoppable (2010)
Distributor: 20th Century Fox
Sutradara: Tony Scott
Produser: Tony Scott / Mimi Rogers / Julie Yorn / Alex Young
Penulis Naskah: Mark Bomback
Pemain: Denzel Washington / Chris Pine / Rosario Dawson
Ilustrasi Musik: Herry Gregson - Williams
Sinematografi: Ben Seresin
Editing: Chris Lebenzon
Bujet: $100 juta
Durasi: 98 menit

Kisah filmnya konon diinspirasi dari kejadian nyata yang sungguh-sungguh terjadi di Ohio, AS. Dikisahkan sebuah lokomotif yang membawa puluhan gerbong diantaranya bahan kimia berbahaya secara tak sengaja lepas kendali dan meluncur tanpa masinis. Upaya pencegahan dilakukan oleh pihak berwenang namun tak disangka kereta tersebut di luar perhitungan meluncur dengan kecepatan tinggi. Sementara itu Frank Barnes (Washington) masinis senior ditemani konduktor muda barunya, Will Colson (Pine) tengah melakukan kegiatan rutinnya kala peristiwa tersebut terjadi. Kereta Barnes bahkan nyaris bertabrakan dengan kereta maut tersebut. Di saat segala upaya gagal, Barnes dan Colson adalah satu-satunya harapan sebelum kereta tersebut mencapai pusat kota.

Non stop aksi yang menegangkan adalah kalimat yang pas untuk menggambarkan kisah film ini. Tanpa berlama-lama dari awal hingga klimaks, seperti judulnya Unstopabble menyajikan serangkaian aksi menegangkan tanpa henti. Seperti formula plot disaster movie lazimnya ending-nya mungkin tak sulit ditebak namun justru yang menjadi kunci adalah pengembangan cerita. Scott mampu membangun unsur ketegangan semakin lama semakin tinggi sejak awal tanpa kedodoran sedikitpun. Sekalipun sedikit unsur drama yang disisipi, yakni masalah personal dua tokohnya, sudah cukup membuat ending-nya sangat dramatik. Cerita yang sedikit dilebihkan, ini rasanya satu-satunya kelemahan kecil filmnya. Satu lagi adalah penggambaran anak-anak sekolah yang tengah berwisata kereta di awal cerita. Seolah ini nantinya menjadi bagian penting dari cerita filmnya, namun nyatanya tidak.

Selain alur plotnya yang ekstra cepat dan menegangkan, setting menjadi nilai lebih filmnya. Sepanjang film kita diperlihatkan suasana desa serta kota kecil yang demikian enak dipandang, sama sekali tidak membosankan. Kombinasi pencapaian sinematografi plus editing yang dinamis mampu mengimbangi plotnya yang cepat dengan efektif. Aktor favorit Scott, Denzel Washington bersama Chris Pine sebenarnya bermain biasa namun chemistry yang terbangun manis antara keduanya mampu membuat film “one train show” ini tampak lebih humanis. Film ini tampak lebih “humanis” lagi karena nyaris tidak menggunakan rekayasa digital seperti lazimnya film-film disaster masa kini.

Unstoppable adalah sebuah tontonan yang sangat menghibur serta menegangkan yang sudah langka ditemui beberapa tahun belakangan. Unstoppable juga merupakan film terbaik garapan Tony Scott semenjak Crimson Tide belasan tahun silam dan jelas jauh lebih baik dari The Taking of Pelham 123 baru lalu. Walau idenya tidak orisinil namun film ini juga bisa dianggap sebagai salah satu disaster movie terbaik yang pernah diproduksi. Jika Anda menginginkan tontonan 90 menit aksi tanpa henti, maka tontonlah film ini. Hold your breath the train is coming! (hp)

No comments: