Mirror Mirror


Snow White Sentuhan Tarsem Singh


19 April 2012

Sutradara: Tarsem Singh
Produser: Ryan Cavanaugh / Bret Ratnerr / Kevin Misher / Bernie Goldman
Penulis Naskah: Marc Klein / Jason Keller
Pemain: Julia Roberts / Lily Collins / Nathan Lane / Armie Hammer
Sinematografi : Brendan Galvin
Editing: Robert Davy / Nick Moore
Ilustrasi Musik: Alan Menken
Distributor: Relativity Media
Durasi: 106 menit
Bujet: $85 juta

Kisah dongeng abadi Snow White telah diadaptasi tak terhitung banyaknya dalam berbagai medium termasuk film. Kisah Snow White identik dengan putri nan cantik, ratu jahat, cermin ajaib, tujuh kurcaci, apel beracun, serta pangeran tampan. Versi Singh berbeda dengan cerita lazimnya dan sineas menambahkan sentuhan mise en scene-nya yang khas. Sineas asal India ini kita kenal dengan film-filmnya yang sangat imajinatif dari sisi setting serta kostum, tampak dalam karya-karyanya seperti The Cell (2000), The Fall (2006), serta Immortal (2011). Dan kini dalam Mirror Mirror sentuhan emasnya sama sekali belum hilang.  

“Ini adalah kisah tentang saya (bukan Snow White)”, ungkap sang ratu (Julia Roberts) pada narasi pembuka. Ini tidak sepenuhnya benar, kisahnya boleh dibilang fifty-fifty antara sang ratu dan sang putri. Pangeran Alcott yang dikisah aslinya tak banyak memegang peran justru kini lebih sedikit dominan dan satu lagi ajudan sang putri, Brighton (Nathan Lane). Kisahnya relatif merata antara semua karakter termasuk tujuh manusia kerdil (saya istilahkan kerdil karena mereka sepertinya bukan kurcaci). Belum lagi arah filmnya yang lebih ke komedi menjadikan nuansa filmnya manjadi tidak serius dan alur kisahnya mudah ditebak. Juga dari judul filmnya seolah cermin ajaib bakal berperan dominan dalam filmnya ternyata tidak juga. Chemistry cermin ajaib dengan sang ratu hanya sebatas “fisik” saja.

Bicara setting dan kostum, sentuhan Singh bersama mendiang penata artistiknya, Eiko Eshioka, adalah salah satu yang terbaik dan terunik melalui imaginasi dan fantasinya. Ruang interior istana yang megah dengan dekorasi yang unik, kamar sang ratu, hingga “ruang cermin” melalui entrance yang sangat fantastis. Melalui kostum yang cerah dan berwarna, Tarsem menggambarkan sang ratu tidak lebih “jahat” dari semestinya dan pas dengan karakter Roberts, sementara kostum Snow White selalu berwarna putih. Pesona kostum nan unik dan penuh warna tampak pada pesta sang ratu di istana. Last but not least, kostum para manusia kerdil sepertinya adalah yang paling imajinatif dan mampu menipu kita sejak awal.

Pesona mise en scene Mirror Mirror memang menjadi kekuatan utama filmnya namun kisah adaptasinya yang lemah menjadikan pencapaian artistiknya seolah terpisah dari ceritanya. Jika Tarsem membuat film ini untuk anak-anak rasanya pencapaian artistik dan kostumnyanya bakal mengintimidasi mereka. Penampilan Roberts, si cantik Lily Collins, dan Nathan Lane juga tak mampu mengangkat filmnya. Kejutan kecil dan manis di penutup filmnya membuat saya berpikir jika ini film musikal rasanya film ini bisa jauh lebih baik. Tarsem sepertinya masih harus mencari cerita yang lebih pas dengan pendekatan estetiknya yang sangat memukau. (Score: C+)

No comments: