Fast & Furious 6



Same Formula More Thrill
22 Mei 2013

Sutradara: Justin Lin
Produser: Neal H. Moritz/Vin Diesel/Clayton Townsend
Penulis Naskah: Chris Morgan
Pemain: Vin Diesel/Paul Walker/Dwayne Johnson/Michelle Rodriguez/Tyrese Gibson
Sinematografi: Stephen F. Windon
Editing: Christian Wagner / Kelly Matsumoto
Ilustrasi Musik: Lucas Vidal
Studio: Original Film / One Race Films
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 130 menit
Bujet: $160 juta


Seri Fast and Furious telah memasuki wilayah langka dengan menembus seri sekuel hingga keenam yang bakal sukses komersil maupun kritik. Salah satu kunci keberhasilan Fast Five (F5) adalah berkumpulnya para bintang seri pertama hingga keempat plus bintang besar macam The Rock, disamping  tentunya sekuen aksinya yang  gila-gilaan. Unsur cerita jelas bukan fokus utama walau motif ceritanya masih jelas. Keunikan kisah FF6 adalah berhasil memadukan unsur plot seri pertama hingga kelima termasuk seri ketiga yang dianggap lepas sama sekali. Fast & Furious 6 (FF6) memiliki formula yang sama dengan F5 namun dengan kisah yang sedikit dipaksakan. Karakter yang telah tewas pun dipaksa bangkit kembali.  But who cares… right
 

Dom, Brian dan kawan-kawan kini harus menghadapi penjahat kelas kakap, Owen Shaw dan komplotannya yang menginginkan senjata rahasia yang mampu melumpuhkan komunikasi. Satu hal yang menarik Dom bukanlah Shaw namun keberadaan Letty, mantan kekasihnya yang diyakini telah tewas. Alur investigasi berjalan cepat tanpa rantai komando yg jelas dengan aksi kebut-kebutan mendominasi plotnya. Satu hal yang bisa diacungi jempol adalah kemampuan mengolah naskah sehingga belasan karakter utamanya mendapat porsi yang nyaris seimbang tanpa ada karakter yang mendominasi termasuk Dom dan Brian. 

Seperti sekuel film aksi lazimnya FF6 menampilkan sekuen aksi yang lebih menghebohkan dari sebelumnya. Aksi di jalanan kota London di malam hari, hingga di highway, melawan "mobil balap", tank, hingga pesawat terbang. Tidak seperti sebelumnya sekuen aksinya kini jauh lebih berani dan nekat walau boleh dibilang tak masuk akal. But it's very thrilling ride dan dijamin membuat penonton ternganga. Aktor kita, Joe Taslim yang berperan sebagai anak buah Shaw, mampu mencuri perhatian dengan satu scene perkelahian dengan Roman dan Han. Taslim mendapat peran cukup banyak sejak awal hingga akhir. 

FF6 secara umum adalah film yang sangat menghibur dan penonton khususnya fans FF dijamin mendapatkan apa yang mereka mau. Kejutan besar di akhir (post credit scene) menjanjikan sebuah sekuel (FF7) yang sangat dinantikan, konon dirilis tahun depan. Seri FF kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata, dan menjadi tolak ukur baru untuk film aksi murni yang sukses besar diantara film superhero, fantasi, dan fiksi ilmiah yang selama ini mendominasi musim panas. Potensi seri FF bisa memungkinkan untuk dibuat puluhan sekuel. (B)