Battleship


A Battle We Can (Always) Win


11 April 2012

Director: Peter Berg
Producer: Peter Berg
Script: John & Eric Hoeber
Cast: Taylor Kitsch / Liam Nesson / Rihanna / Brocklyn Decker / Tadanobu Asano
Cinematography: Tobias A. Schliessler
Editing: Colby Parker Jr. / Billy Rich
Music: Javier Navarrete
Studio:  Hasbro / Blue Grass Film / Film 44
Distributor: Universal Pictures
Running Time: 131 minutes
Budget: $200 million

          Film tentang invasi makhluk asing bukan hal yang baru lagi, dari film kelas independen hingga film berbujet besar dengan segala pesona visualnya. Beberapa film bertema ini tercatat berkualitas baik, macam Sign (Shyamalan) dan War of the Worlds (Spielberg). Sementara Independence Day (ID4) tercatat sebagai film invasi makhluk asing paling laris hingga kini. Lalu bagaimana Battleship?

Sejumlah ilmuwan menemukan planet yang mirip bumi nun jauh di seberang tata surya kita. Kita mengirim sinyal kesana dan ternyata mendapat respon dari makhluk asing. Good news for them but bad news for us. Tim kecil makhluk asing datang ke bumi dengan tujuan mengambil alih jalur komunikasi satelit di Hawaii untuk menghubungi rekan-rekan mereka di ujung galaxi karena ternyata bumi adalah planet yang layak huni bagi mereka. Sialnya, di tempat yang sama sedang diadakan latihan tahunan kapal perang antar negara. So, lets the battle begin, actually this is a battle we can (always) win.

Satu hal yang membuat heran, jika makhluk asing ini memang sejak awal ingin menginvasi bumi mengapa mereka tidak membawa sekaligus ratusan pesawat tempur (ID4, War of the Worlds)? Jika mereka hanya ingin melihat situasi dan mengukur kekuatan musuh, mengapa tidak melakukannya diam-diam? Apa gunanya mengambil resiko bermain-main dengan musuh (pihak bumi) jika mereka nanti pun akan membinasakan semua. Banyak lagi hal yang tak jelas tanpa penjelasan yang memadai. Aneh sekali, dengan teknologi makhluk asing secanggih itu mereka tidak memiliki alat komunikasi yang bisa mencapai planet asal mereka hingga harus susah payah menggunakan satelit bumi.

Harus diakui memang, beberapa sekuen aksi mampu disajikan dengan apik dan menegangkan dengan dukungan efek visual yang menawan. Pertempuran kapal perang modern memang jarang sekali kita lihat dalam film, paling-paling hanya pertempuran kapal selam (The Hunt for Red October, U-571, K-9). Walau bukan sepenuhnya melawan sesama kapal tempur di atas laut namun setidaknya pihak musuh “mengalah” (aneh bukan?) dengan memposisikan pesawat mereka sebagai kapal laut. Pertarungan adu strategi antara dengan pesawat musuh di malam hari cukup menegangkan walau sedikit mengherankan (lagi) dengan teknologinya pihak musuh tak mampu mendeteksi posisi lawan. Lalu senjata maut “Gerinda raksasa” yang keras, berisik, dan menakutkan lebih mirip seperti robot transformers ketimbang senjata.

Battleship tidak menawarkan apapun kecuali aksi pertarungan yang seru plus bumbu komedi. Karakter Lt. Alex Hopper yang ugal-ugalan membuat nuansa filmnya menjadi tidak serius. Polah tingkahnya sama sekali tidak mencerminkan seorang perwira dalam suasana genting sekalipun. Sayang karakter serius yang diperankan Liam Nesson (Admiral Shane) ternyata tidak dominan dalam film ini. Justru karakter “tak penting” yang diperankan super model, Brocklyn Decker (Sam) tampil lebih dominan. Andaikan Battleship menyajikan kisah yang lebih serius rasanya film ini jauh lebih baik. Melihat Battleship hanya membuat film invasi makhluk asing “medioker” macam ID4 menjadi tampak lebih baik. (C)

No comments: