Nicole Kidman

Biografi dan Film-filmnya

Nicole Mary Kidman lahir di Honolulu Hawaii, Amerika Serikat ketika sang ayah, Dr. Antony David Kidman tengah melakukan penelitian kanker di sana. Ayahnya dan ibunya, Janelle Ann adalah warga negara Australia. Pada saat Kidman berumur 4 tahun, orang tuanya kembali ke negara asalnya. Semasa kecil, Kidman sangat menyukai tari balet dan ia juga mampu bermain pantomim dan drama sama baiknya. Peran pertama Kidman adalah menjadi seekor domba dalam sebuah pertunjukan natal kala ia masih sekolah dasar. Saat beranjak remaja, saat teman-teman sebayanya lebih suka menghabiskan waktu bersenang-senang, sebaliknya Kidman justru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengasah kemampuan aktingnya. Kidman lalu masuk ke Victorian College of the Arts dan bekerja di Philip Street Theater dimana ia belajar seni peran secara lebih mendalam. Kidman bahkan pernah mendapat surat pribadi dari sineas wanita kenamaan, Jane Campion yang memuji kemampuan akting Kidman. Campion memberinya dorongan yang membuat Kidman lalu memutuskan untuk keluar dari sekolahnya dan total mengejar impiannya menjadi seorang aktris.

Tercatat pada masa remaja ini, penampilan pertamanya adalah dalam sebuah video musik Pat Wilson untuk lagu Bop Girl. Akhir 1983, Kidman juga bermain sebagai pemeran pembantu dalam film seri televisi, Five Mile Creek, beberapa film diantaranya BMX Bandit dan Bush Christmas. Setelahnya Kidman beberapa kali muncul di berbagai program acara televisi, diantaranya dalam opera sabun, A Country Practice lalu kemudian sebuah mini seri berjudul Vietnam (1986). Melalui mini seri ini untuk pertama kalinya Kidman mendapatkan penghargaan dari Australian Film Institute. Kidman juga bermain dalam film layar lebar, Emerald City (1988), lalu Bangkok Hilton (1989) serta beberapa kali tampil sebagai bintang tamu dalam beberapa acara televisi Australia.

Dibantu seorang agen Amerika, Kidman akhirnya memulai debut karir aktingnya di Amerika melalui film drama thriller, Dead Calm (1989) arahan sutradara Australia, Phillip Noyce. Di film ini ia beradu akting dengan aktor kawakan Sam Neill. Sekalipun filmnya tidak sukses namun talenta Kidman mulai menarik perhatian dan banyak dipuji para pengamat film di Amerika. Karir Kidman mulai melesat setelah pada tahun 1990 Kidman ikut bermain dalam film aksi Days of Thunder dimana dia beradu akting dengan bintang muda yang tengah naik daun, Tom Cruise. Film produksi pruduser kenamaan Jerry Bruckheimer ini ternyata laku keras dengan total pendapatan kotor mencapai $157 juta dan setelah ini nama Kidman pun semakin dikenal di Hollywood. Terlebih setelah Nicole dan Cruise semasa produksi ternyata saling jatuh cinta dan mereka menikah pada tahun yang sama.
Setelah bermain dalam Days of Thunder, Kidman tercatat ternyata pernah menjalani kasting untuk memerankan tokoh Molly dalam film roman supernatural super laris, Ghost, namun sayangnya peran tersebut jatuh ke aktris Demi Moore. Selanjutnya, Kidman lalu bermain bersama sahabatnya sejak remaja, Naomi Watts dalam sebuah film independen berjudul Flirting (1991). Di tahun yang sama, akting Kidman mendapatkan apresiasi tinggi setelah ia berhasil masuk nominasi untuk kategori aktris pembantu terbaik dalam ajang bergengsi Golden Globe untuk perannya dalam film gangster, Billy Bathgate (1991). Film ini merupakan arahan sineas Robert Benton dan Kidman kali ini beradu akting bersama aktor senior Dustin Hoffman.

Tahun berikutnya, Kidman bersama sang suami, Tom Cruise kembali bermain dalam film epik Irlandia, Far and Away (1992) arahan sineas kondang Ron Howard. Sekalipun Kidman bermain baik sebagai Shannon Christie, anak salah satu bangsawan di Irlandia namun faktor sukses film ini adalah nama besar sang suami. Secara menyakinkan film ini mampu meraup keuntungan $137 juta. Tahun berikutnya Kidman bermain dalam film melodrama My Life (1993) bersama aktor Michael Keaton serta dalam film thriller, Malice (1993 ) bersama Alec Baldwin.

Akting Kidman semakin diakui setelah ia bermain dalam film arahan Gus Van Sant, To Die For (1995). Film ini berkisah tentang seorang reporter ambius, Suzanne Stone yang rela melakukan apapun untuk memenuhi ambisinya. Kidman bermain sangat mengesankan hingga ia meraih penghargaan Golden Globe untuk aktris utama terbaik. Secara resmi Kidman semakin memantapkan pamornya sebagai aktris papan atas Hollywood. Peran Suzanne Stone sendiri pada awalnya akan diperankan oleh Meg Ryan, namun karena permintaan honor sang aktris terlalu tinggi, akhirnya peran ini jatuh ke Kidman. Kidman konon juga harus bersaing dengan sederet bintang-bintang top, seperti Jodie Foster, Michelle Pfeiffer, Mary-Louise Parker, Uma Thurman, hingga Bridget Fonda. Kidman juga sempat mendapat tawaran untuk memerankan tokoh Jane dalam Forest Gump, namun sayangnya tawaran tersebut ditolaknya.

Mengawali tahun 1995 Kidman turut bermain dalam sekuel film superhero laris, Batman Forever, dimana ia memerankan tokoh Dr. Chase Meridian, seorang psikolog yang jatuh cinta pada Bruce Wayne. Kidman tahun berikutnya bermain dalam beberapa film antara lain, The Portrait of a Lady (1996) arahan sutradara wanita sekampung halaman, Jane Campion, lalu The Peacemaker (1997) bersama George Clooney yang juga disutradarai oleh sutradara wanita, Mimi Leder. Film ini juga merupakan pengalaman pertama Kidman bermain dalam film aksi murni. Kidman juga bermain bersama aktis top lainnya, Sandra Bullock sebagai seorang penyihir dalam film komedi fantasi Practical Magic (1998) namun filmmya gagal dipasaran.

Untuk ketiga kalinya Kidman dan suaminya, Tom Cruise bermain kembali bersama. Kali ini mereka diarahkan sutradara kenamaan, Stanley Kubrick melalui Eyes Wide Shut (1999). Film ini pun sukses secara kritik maupun komersil dengan pendapatan mencapai $160 juta di seluruh dunia. Selain sukses komersil, film ini juga tidak luput dari kontroversi karena visualisasi adegan seks eksplisitnya. Selain itu pula film ini memunculkan spekulasi publik tentang kehidupan seks mereka, yang kala itu tengah beredar rumor bahwa pernikahan mereka hanya untuk menutupi kehidupan Cruise yang sebenarnya adalah seorang homoseksual. Mereka pun akhirnya bercerai pada tahun 2001.

Semenjak bercerai dengan Cruise, peruntungan Kidman berubah. Di tahun 2002, ia untuk pertama kalinya masuk nominasi Academi Award untuk perannya dalam film musikal unik arahan sutradara Baz Luhrmann, Moulin Rouge! (2001). Kidman berperan sebagai Satine, seorang kortesan primadona di tempat hiburan malam bernama Moulin Rouge. Dalam film ini Kidman menunjukkan kemampuannya dalam hal tarik suara bersama para kasting lainnya. Kidman juga untuk kedua kalinya mampu meraih penghargaan bergengsi Golden Globe untuk kategori aktris utama terbaik. Film ini sendiri selain sukses kritik juga komersil dengan meraih pendapatan mencapai $179 juta. di seluruh dunia, membuktikan jika figur Kidman telah menjadi daya tarik penonton.

Pada tahun yang sama film Kidman yang lain juga dirilis yakni film horor psikologis arahan sutradara spanyol, Alejandro Amenábar, The Others (2001). Dalam film ini Kidman bermain brilian sebagai Grace Stewart, seorang ibu dan kedua anaknya yang yang diteror oleh makhluk lain di rumah tinggal mereka. Ini juga merupakan pengalaman pertama Kidman bermain dalam film horor. Akting Kidman yang menawan mendapat ganjaran setimpal melalui beberapa penghargaan diraihnya. Film ini sendiri mampu meraih penghargaan Goya Awards (Spanyol) sebagai film terbaik merupakan film berbahasa Inggris pertama yang mampu meraih penghargaan tersebut. Mengikuti sukses film Kidman sebelumnya, The Others juga sukses komersil dengan meraih pendapatan $209 juta di seluruh dunia.

Tahun berikutnya merupakan tahun keemasan bagi Kidman. Perannya sebagai penulis terkenal, Virginia Woolf dalam film The Hours (2002) mendapatkannya piala Oscar untuk kategori aktris utama terbaik. Kidman tercatat sebagai aktris Australia pertama yang mampu menyabet penghargaan tersebut. Selain Oscar, untuk kategori yang sama Kidman juga mampu menyabet beberapa penghargaan bergengsi lainnya, antara lain, Golden Globe serta Bafta Awards. Selain sukses kritik film ini juga sukses komersil dengan pendapatan mencapai $108 juta.

Pada tahun 2003, Kidman membintangi tiga film yang sangat berbeda. Film pertama adalah film unik bergaya teater arahan sutradara Lars von Trier, Dogville (2003), dimana Kidman bermain sebagai Grace Margaret Mulligan dan mendapat pujian dari banyak pengamat. Film kedua adalah film drama The Human Stain (2003) dimana Kidman berkesempatan beradu akting dengan aktor senior Anthony Hopkins. Kedua film tersebut sekalipun dipuji banyak pengamat namun gagal di pasaran. Film ketiga adalah drama perang, Cold Mountain (2003) arahan sutradara Anthony Minghella. Kidman berperan sebagai Ada Monroe, seorang istri yang berpisah dengan suaminya yang menjadi relawan perang. Di film ini Kidman beradu akting dengan Jude law dan Renée Zellweger. Film ini mendapat pujian dimana-mana sekaligus sukses komersil mengeruk pendapatan mencapai $173 juta. Akting menawan Kidman dalam film ini mendapat ganjaran nominasi aktris terbaik dalam ajang Golden Globe.

Dua film Kidman di tahun 2005 yang pertama adalah The Interpreter arahan sutradara kawakan, Sydney Pollack. Di film thriller ini Kidman berperan sebagai Silvia Broome, seorang penterjemah yang bekerja di PBB berurusan dengan berbagai intrik politik. Disini Kidman mendapatkan kesempatan bermain bersama aktor kawakan Sean Penn. Seperti tren film-film Kidman sebelumnya, film ini kembali sukses komersil dengan meraih pendapatan $162 juta. Film kedua adalah film komedy fantasi arahan Nora Ephron, Bewitched yang merupakan adaptasi dari serial televisi. Seperti halnya The Interpreter, film ini mampu mengeruk keuntungan diatas seratus juta dollar Amerika, dengan total pendapatan $131 juta.

Tahun berikutnya Kidman bermain dalam sebuah film drama biografi berjudul Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus (2006) dimana ia memerankan tokoh Diane Arbus, seorang wanita yang menjalin hubungan dengan tetangganya yang mengidap penyakit hipertrikosis. Sekalipun tidak sesukses film-film sebelumnya namun film ini mendapat banyak pujian dari para pengamat. Di tahun yang sama, Kidman juga bermain dalam film animasi garapan George Miller, Warren Coleman, dan Judy Morris, Happy Feet (2006). Di film ini ia menjadi pengisi suara karakter sang ibu penguin, Norma Jean. Film ini sukses luar biasa dengan raihan pendapatan di seluruh dunia mencapai $384 juta.

Kidman pada tahun berikutnya bermain dalam film thriller fiksi-ilmiah arahan sutradara Oliver Hirschbiegel, The Invasion (2007) yang merupakan pengalaman pertamanya bermain dalam film bergenre ini. Konon Kidman mendapat bayaran mencapai $26 juta namun sayangnya film ini gagal secara komersil maupun kritik. Di tahun yang sama bersama Jennifer Jason Leigh dan Jack Black, Kidman bermain dalam film drama, Margot at the Wedding (2007). Kidman berperan sebagai Margot, seorang ibu pecandu yang menghabiskan akhir pekan untuk mengunjungi adiknya. Sekalipun gagak secara komersil namun film ini meraih banyak banyak pujian dengan meraih banyak penghargaan di beberapa ajang festival di dunia. Uniknya, pada awalnya film ini berjudul Nicole at the Beach namun kemudian diubah ketika Kidman bermain di film ini.

Kidman kali ini bermain dalam film fantasi berbujet besar arahan sutradara Chris Weitz The Golden Compass (2007) bersama Daniel Craig, Dakota Blue Richards, dan Freddie Highmore. Tidak seperti biasanya, Kidman kali ini memerankan tokoh antagonis, Marisa Coulter, seorang sosok wanita yang ambisius. Konon awalnya, Kidman tidak ingin bermain dalam film ini karena ia tidak mau bermain sebagai karakter antagonis namun setelah mendapat surat pribadi dari penulis novelnya, Philip Pullman, ia akhirnya bersedia. Film berbujet sekitar sekitar $200 juta meraih pendapatan kotor mencapai $372 juta . Film ini juga meraih penghargaan Oscar untuk efek visual terbaik serta beberapa penghargaan lainya.

Pada tahun 2008, Kidman bereuni kembali bersama sutradara Baz Luhrmann melalui film epik petualangan, Australia. Dalam film ini Kidman bermain sebagai Lady Sarah Ashley. Perannya kali ini menuntut stamina serta fisik yang prima karena ia berperan sebagai wanita pengiring ternak yang didampingi oleh aktor top asal Australia lainnya, Hugh Jackman. Australia konon merupakan film produksi Australia termahal kedua sepanjang masa dengan bujet mencapai $130 juta. Demi menghayati perannya dan mempelajari seluk-beluk dunia ternak, Kidman konon menghabiskan waktu sebulan tinggal di sebuah peternakan di Australia. Film ini sukses komersil dengan meraih $211 juta di seluruh dunia. Pada masa ini Kidman sebenarnya juga dijadwalkan bermain dalam film drama berlatar Perang Dunia Kedua, yakni The Reader namun karena hamil, ia terpaksa mundur dari proyek film ini. Aktris Inggris, Kate Winslet menggantikan posisi Kidman dan kelak ia berhasil meraih Oscar untuk perannya di film ini.

Di tahun 2009, Kidman kembali bermain dalam film musikal arahan Rob Marshall, Nine bersama bintang-bintang kenamaan seperti Daniel Day-Lewis, Penélope Cruz, Judi Dench, Sophia Loren, Kate Hudson, dan Marion Cotillard. Film ini terinspirasi dari film semiautobiografi sutradara kenamaan Italia, Federico Fellini, 81/2. Nine sendiri sekalipun kurang sukses komersil namun dalam ajang Academy Awards baru lalu, Nine meraih nominasi Oscar untuk empat kategori. Saat ini Kidman tengah merampungkan dua film terbarunya Rabbit Hole dan Just Go with It. Selain sebagai aktris film, Kidman juga dikenal sebagai seorang penyanyi, dan model. Satu hits yang dibawakan Kidman bersama dengan penyanyi Inggris, Robbie Williams adalah Something Stupid yang mampu bertahan di puncak tangga selama tiga minggu di Inggris. Kidman juga menjadi duta untuk UNICEF Australia sejak tahun 1994.

Kidman dalam Film-filmnya

Sepanjang karirnya Kidman lebih banyak terlibat produksi film yang menekankan pada sisi dramatik dan akting. Kidman tergolong artis serba bisa yang banyak bermain dalam film-film dengan berbagai variasi genre. Genre drama adalah film-film yang paling sering dibintanginya seperti Far and Away, To Die For, The Portrait of a Lady, Eyes Wide Shut, The Hours, Dogville, serta Cold Mountain. Film bergenre horor atau thriller pernah pula ia bintangi seperti Dead Calm, The Others, The Interpreters, hingga The Invasion. Aksi dan petualangan seperti The Peacemaker dan Australia. Film musikal seperti Moulin Rogue! dan Nine, serta superhero/fantasi, Batman Forever serta The Golden Compass, hingga meminjam suaranya untuk film animasi anak-anak, Happy Feet.

Kidman seringkali memerankan karakter wanita independen dengan karakter yang berpribadian keras, kuat, dan dominan. seperti tampak perannya dalam To Die For, The Others, hingga Australia. Dalam film-film bergenre aksi, fantasi, hingga superhero sekalipun, seperti The Peacemaker, Batman Forever, serta The Golden Compass, Kidman masih saja memerankan karakter wanita yang bertipikal keras. Dalam beberapa filmnya juga Kidman sering memerankan karakter wanita yang tertekan, depresi, serta paranoid seperti pada perannya dalam film The Others, The Hours, dan The Invasion.

Kidman juga tercatat telah diarahkan oleh banyak sutradara papan atas dunia. Tercatat dua kali film yang dibintanginya digarap sutradara yang sama, yakni sineas asal Australia, Baz Luhrmann (Moulin Rouge! dan Ausralia). Adapun sineas-sineas besar dunia yang pernah berkolaborasi dengan Kidman antara lain, Stanley Kubrick (Eyes Wide Shut), Sidney Pollack (The Interpreter), Lars von Triers (Dogville), Gus Van Sant (To Die For), Anthony Minghela (Cold Mountain), Alejandro Amenabar (The Others), serta Stephen Daldry (The Hours).

Kidman juga tercatat pernah bermain dengan aktor-aktris besar lainnya. Mantan suaminya, Tom Cruise tercatat paling sering bermain dengan Kidman, dalam Days of Thunder, Far and Away, dan Eyes Wide Shut. Sementara Daniel Craig tercatat pernah dua kali bermain dengan Kidman, yakni The Invasion dan The Golden Compass. Lalu aktor-aktor besar lainnya antara lain Dustin Hoffman (Billy Bathgate), Sean Pean (The Interpreter), Anthony Hopkins (Human Stain), Robert Downey Jr. (Fur), Hugh Jackman (Australia) hingga Daniel Day-Lewis (Nine). Sementara aktris-aktris besar yang pernah beradu akting dengan Kidman, antara lain Jennifer Jason Leigh (Margot at the Wedding), Sandra Bullock (Practical Magic), Renee Zellweeger (Cold Mountain), serta Lauren Bacall (Birth).

Nicole Kidman adalah satu sosok aktris yang berdedikasi tinggi pada profesi. Mengutip pidato kemenangan Kidman pada saat ia meraih Oscar aktris terbaik dalam film The Hours yang masa itu tengah dalam masa perang, “Why do you come to the Academy Awards when the world is in such turmoil? Because art is important. And because you believe in what you do and you want to honour that, and it is a tradition that needs to be upheld”. Kidman yang juga memiliki dua kewarganegaraan (AS dan Australia) dan mendapatkan gelar kehormatan dari pemerintah Australia atas jasa-jasanya di bidang seni dan kemanusiaan. Kidman juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 25 orang paling menarik di dunia oleh majalah People. Kidman kini adalah salah satu aktris terbaik di dunia yang pernah ada dan sekaligus adalah aktris termahal di dunia. Dengan kepopuleran dan ketenaran yang diraih Kidman saat ini, rasanya, ia mampu menunjukan pada kita bahwa dengan kerja keras dan totalitas, apapun yang kita iimpikan dapat diraih.

Febrian Andhika & Himawan Pratista

No comments: