Ed Wood

Komedi Biografi Minim Sentuhan Burton


Ed Wood (1994) merupakan drama komedi biografi garapan Tim Burton. Film ini merupakan adaptasi lepas dari buku Nightmare of Ecstasy karangan Rudolph Grey. Film ini dibintangi para kolaborator tetapnya, Johnny Depp bersama beberapa aktor dan aktris ternama seperti Martin Landau, Sarah Jessica Parker, Patricia Arquette, Jeffrey Jones, dan Bill Murray. Sekalipun banyak dipuji kritikus namun film ini gagal secara komersil. Film ini juga meraih dua Oscar untuk aktor pembantu dan penata make-up terbaik.

Alkisah Edward D. Wood Jr. (Depp) adalah seorang sineas amatir yang terobsesi untuk masuk industri film Hollywood. Ambisi besarnya memang tidak sepadan dengan bakatnya yang secuil namun itu tidak melunturkan niat Eddie. Eddie sendiri juga ternyata adalah seorang tranvestite, yaitu suka memakai pakaian atau gaun wanita. Secara kebetulan Eddie bertemu dengan idola beratnya, Bela Lugosi (Landau), aktor spesialis vampir yang dulu pernah berjaya di era silam. Berawal dari pertemuan tersebut hubungan Eddie dan Lugosi semakin dekat hingga ia berencana mengkasting sahabatnya dalam film garapannya berikutnya.

Dibandingkan dengan film-film Burton yang lain, Ed Wood boleh dibilang adalah yang paling unik. Kisah filmnya murni adalah biografi (sekalipun tidak akurat) tanpa ada unsur fantasi maupun horor. Burton sendiri merupakan fans dari Edward dan hubungan Eddie dengan Lugosi merefleksikan hubungan personalnya antara ia dengan idolanya, Vincent Price. Kisah filmnya memang lebih dominan pada hubungan Eddie dan Lugosi ketimbang para kekasihnya. Hubungan emosional antara Eddie dengan Lugosi tersaji apik secara gradual. Eddie begitu memuja Lugosi dan sepertinya hanya ia sendiri yang mampu menghargai talenta sang mantan bintang. Satu kelemahan filmnya jelas ada pada keakuratan cerita dan tampak sekali jika Burton mendramatisir banyak adegan untuk menambah bumbu komedi.

Secara estetik film ini berbeda jauh dengan film-film Burton sebelumnya yang bernuansa suram. Sentuhan setting ekspresionis hanya tampak pada pembuka film (opening credit), dan hanya itu saja. Film ini sendiri juga disajikan hitam-putih jelas sesuai dengan spirit “bujet minim” film-film Ed Wood. Kekuatan utama film ini terletak pada para kastingnya. Depp dengan gaya komikal bermain brilyan sebagai Ed Wood, sosok eksentrik yang begitu percaya diri sekalipun bakatnya minim dengan perilaku menyimpang. Adalah Martin Landau yang bermain penuh pesona sebagai Bela Lugosi, sosok seorang mantan bintang yang kesepian dan kini hidup melarat karena ia mengkonsumsi obat-obatan. “I don’t drink wine” ucapnya suatu ketika persis seperti yang Bela Lugosi ucapkan di film horor klasik, Dracula. Tak heran jika Landau meraih Oscar untuk perannya ini.

Ed Wood jelas bukan sebuah film biografi yang akurat namun sebagai sebuah sajian drama komedi, film ini adalah sebuah karya istimewa yang orisinil. Akting Depp dan Landau yang begitu brilyan adalah separuh kekuatan dari film ini. Ilustrasi musik dari Howard Shore mampu berintegrasi dengan sempurna sekalipun ia “banyak” meminjam gaya musik Danny Elfman. Ed Wood adalah film Tim Burton yang paling lepas dari gaya artistiknya namun harus diakui jika film ini adalah salah satu karya terbaiknya.

M. Pradipta

2 comments:

thomas irwan kristanto said...
This comment has been removed by the author.
thomas irwan kristanto said...

Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
Ed Wood [ 1994 USA BrRip 1080p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 1950 MB ]

http://bioskop21free.blogspot.com/2014/10/ed-wood-1994-usa-brrip-1080p-yify-1950.html

Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

btw, di blog tersebut, saya menggunakan sinopsis / reviu buatan Anda
mohon ijin
untuk apresiasi, saya sertakan sumbernya juga kok
terima kasih