Generasi Biru

Bermimpi Akan Pulau Biru


Generasi Biru adalah film musikal semi-dokumenter yang merupakan kolaborasi antara grup musik kondang tanah air, Slank bersama tiga sineas kita yakni, Garin Nugroho, John de Rantau, serta Dosy Omar. Film ini diproduksi untuk memperingati seperempat abad perjalanan Slank di tanah air. Film ini dibintangi oleh para personel Slank sendiri, yakni Kaka, Bimbim, Ivanka, Abdee, Ridho, serta ikut pula bermain mantan putri Indonesia, Nadine Chandrawinata. Belasan lagu hit Slank dilantunkan mengiringi filmnya.

Film ini dibagi menjadi tiga segmen utama, yakni Kisah Manusia Binatang, Kisah Una, lalu Kisah Kupu Liar yang disajikan secara bergantian. Kisah Manusia Binatang adalah kisah tentang kehidupan “manusia binatang” yang hidup berdampingan dengan manusia di sebuah perkampungan. Kisah una menceritakan tentang seorang bocah yang selalu sembunyi di kolong meja karena trauma melihat kekerasan. Sementera Kisah Kupu Liar merupakan kisah cinta antara si “kupu liar”(Nadine Candrawinata) dengan sang vokalis.

Film unik ini merupakan kombinasi antara seni musik, seni teater, seni instalasi, seni tari, serta teknik dokumentasi. Sentuhan Garin tampak begitu kental dalam filmnya, seperti setting abstrak dipadu dengan gerak tari teatrikal yang simbolik. Penonton yang tidak asing dengan film-film garapan Garin sepertinya tak terlampau sulit memaknainya. Simbol seringkali identik dengan jiwa lagu-lagu Slank sendiri yang mengangkat masalah ketidakadilan, ketertindasan, kebebasan, kesewenang-wenangan, dan sebagainya. Tak ada dialog dalam filmnya namun lagu bersama liriknya menyatu dengan alur kisahnya, dan banyak adegannya merupakan visualisasi dari lagu-lagu (lirik) yang dibawakan melalui gerak dan tari (koreografi). Sekalipun bisa diambil benang merah antar tiap adegannya (meski tidak terlalu kuat) namun film ini lebih “mudah dan enak” dinikmati adegan per adegannya.

Dominasi musik dan lagu sepanjang filmnya membuat Generasi Biru bisa disebut film musikal namun alur plot yang tak jelas menjadikan film ini lebih menyerupai kompilasi video klip ketimbang film musikal. Generasi Biru dikatakan film dokumenter pun tidak namun nyatanya film ini sering menggunakan teknik-teknik film dokumenter, seperti wawancara (interview para slankers di berbagai kota), cuplikan rekaman konser Slank, cuplikan rekaman beberapa kerusuhan dan kekerasan di tanah air, serta lainnya yang diselipkan di beberapa bagian sepanjang filmnya. Satu keunikan lain lagi filmnya adalah penggunaan teknik animasi dalam beberapa adegannya. Satu yang paling menarik adalah game animasi “membasmi tikus” yang menggambarkan dua karakter yang tengah membasmi tikus di Gedung MPR/DPR.

Generasi Biru merupakan mimpi Slank akan sebuah “Pulau Biru” yang bebas dan damai. Seperti jiwa lagu-lagu mereka film ini pula mengangkat isu dan masalah sosial, politik, moral, hingga cinta. Generasi Biru memang sebuah film unik namun apakah film ini bisa dinikmati oleh penonton awam (atau bahkan slankers)? Rasanya tidak kecuali mungkin musiknya. Lagu-lagu Slank kita kenal sangat lugas, sederhana, dan slengekan dalam menyampaikan pesannya namun film Generasi Biru justru sebaliknya. Lalu ditujukan untuk siapa film ini?

Agustinus Dwi Nugroho

1 comment:

Anonymous said...

[url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/ganardinero.jpg[/img][/url]
[b]Estas buscando formas de ganar dinero[/b]
Nosotros hemos hallado la mejor pagina web en internet de como trabajo casa. Como fue de utilidad a nosotros, tambien les puede ser de interes para ustedes. No son unicamente metodos de ganar dinero con su pagina web, hay todo tipo de metodos para ganar dinero en internet...
[b][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url]Te recomendamos entrar a [url=http://www.ganar-dinero-ya.com/]Ganar dinero desde casa[/url][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url][/b]