Valentine’s Day, Satu Hari Tak Berkesan

16 Februari 2010,
Valentine’s Day merupakan film drama roman arahan Garry Marshall yang sebelumnya kita kenal dengan film-film roman sejenis seperti, Pretty Woman, The Princes Diaries, hingga Runaway Bride. Film ini dibintangi segudang bintang-bintang papan atas Hollywood, seperti Julia Roberts, Asthon Kutcher, Jennifer Garner, Jessica Alba, Jessica Biel, Anne Hathaway, Queen Latifah, Jamie Foxx, Patrick Dempsey, Emma Roberts, hingga aktris senior macam Shirley Mclaine dan Kathy Bates.

Film ini mengisahkan kehidupan asmara belasan tokoh sekaligus yang terjadi hanya dalam satu hari spesial, yakni Hari Valentine. Kebahagiaan serta kegagalan mengiringi mereka sepanjang satu hari spesial ini. Beberapa kisah diantaranya seperti, Reed (Kutcher) yang awalnya bahagia ketika pacarnya, Morley (Alba) menyanggupi permintaannya untuk menikahinya namun segalanya berubah setelah sang kekasih tidak lama mencampakannya. Wanita sahabat kental Reed, Julia (Garner) berkencan dengan Dr. Harrison (Dempsey) yang ternyata telah menikah. Kelvin Moore (Foxx) adalah reporter olahraga handal yang mendapat tugas dari bosnya untuk meliput hari Valentine. Kara (Biel) adalah seorang manager olahraga yang kesepian. Sementara Liz (Hathaway) bahagia dengan pacarnya namun ia menyembunyikan pekerjaan sesungguhnya. Dan beberapa kisah lainnya.

Cara bertutur multiplot (tiga kisah lebih) seperti yang digunakan film ini selalu menarik untuk dibincangkan. Beberapa film drama berkualitas menggunakan cara bertutur sejenis seperti Love Actually dan Crash. Dalam Valentine Day tema yang mengikat kisah-kisah kecil tersebut adalah Hari Valentine itu sendiri, kasih sayang menjadi tema utamanya. Berbeda dengan Love Actually dan Crash, Valentine Day tidak memiliki kedalaman cerita seperti dua film tersebut. Kisah-kisahnya kurang menarik, relatif datar, serta amat sangat membosankan terutama untuk para pecinta film sejati. Beberapa kisahnya cenderung berfungsi sebagai tempelan (pengisi) dan tidak memiliki konflik serta masalah yang jelas, seperti kisah Willy (Taylor Lautner) dan pacarnya, Felicia (Taylor Swift), serta kisah Holden (Bradley Cooper) dan Kate (Julia Roberts).

Valentine’s Day menyajikan kisah drama roman ringan yang sama sekali tidak membekas di hati dan semata-mata hanya mengandalkan bintang-bintang topnya saja. Sungguh mengherankan sederet bintang papan atas Hollywood seperti tersebut diatas bisa terlibat dan ikut ambil bagian dalam film ini. Dibandingkan Love Actually yang memiliki tema sejenis film ini bagai bumi dan langit. Dengan solusi-solusi yang ringan seperti yang ditawarkan film ini, Valentine’s Day sepertinya memang cocok untuk para remaja terutama putri yang tengah dimabuk asmara. Untuk para pecinta film: zzz zzzz zzz… tulisan EXIT disamping bawah layar bioskop bisa menjadi opsi. (D)

1 comment:

Anonymous said...

Im agree with this review...
Kata "valentine" terlalu besar untuk film seperti ini...