The Wolfman, Usaha Remake yang Maksimal

18 Februari 2010,
The Wolfman merupakan film drama-horor yang merupakan remake dari film berjudul sama produksi tahun 1941. Remake kali ini digarap oleh Joe Johnston yang dikenal dengan film-film seperti Jumanji (1995), October Sky (1999), Jurrasic Park 3 (2001), dan Hidalgo (2004). Film dibintangi aktor-aktor senior seperti Benicio Del Toro, Anthony Hopkins, Hugo Weaving, dan Emely Blunt.
..
Cerita filmnya berlatar di Inggris tahun 1890-an. Alkisah Lawrence Talbot (Del Toro) pulang ke kampung halamannya di desa Blackmore untuk mencari tahu sebab kematian kakaknya setelah disurati oleh tunangan sang kakak, Gwen Conliffe (Blunt). Sesampainya disama ia disambut oleh ayahnya yang eksentrik, Sir John Talbot (Hopkins). Rumor berkembang di desa mengatakan bahwa sang kakak dibunuh oleh seekor monster. Di malam bulan purnama, Lawrence tengah mencari informasi di sebuah perkemahan Gypsy, mendadak tempat tersebut diserang oleh monster berwujud serigala. Lawrence berusaha memburunya namun malang ia justru malah terluka akibat gigitan sang monster. Diluar dugaan Lawrence sembuh dengan cepat dan tanpa disadari ia merasakan perubahan besar dalam dirinya.
..


Dibandingkan dengan cerita film aslinya tampak sekali upaya yang maksimal untuk lebih bisa diterima penonton masa kini. Inti kisahnya secara garis besar masih sama namun treatment-nya berbeda. Kisahnya lebih dramatik dan memungkinkan banyak adegan aksi untuk muncul, contohnya seperti sekuen aksi seru di London serta adegan akhir di tepi sungai. Sekalipun begitu tetap saja secara umum kisahnya terlalu klise dan mudah ditebak.

Kelebihan utama film ini adalah bagaimana sang sineas mampu membangun atmosfir suram dan gelap untuk mendukung cerita filmnya. Tata cahaya kelam plus efek kabut ditambah pula setting yang sangat mengagumkan semakin menambah nuansa magis filmnya. Setting interior “istana” keluarga Talbot tampak begitu meyakinkan dan natural tanpa usaha untuk menambah intensitas pencahayaan (lebih terang). Satu lagi nilai lebih lainnya adalah ilustrasi musik oleh komposer kawakan Danny Elfman dengan gaya musiknya yang khas mampu memberikan dimensi lain layaknya musik klasik horor era film bisu.

The Wolfman adalah sebuah usaha maksimal remake film orisinilnya. Kisah yang ditawarkan masih terlalu sederhana sekalipun dikemas dalam setting dan atmosfir yang sangat memukau. Hopkins dan Del Toro sesuai kelas mereka sudah bermain maksimal. Dibandingkan film-film sang sineas yang disebut diatas, film ini jelas masih dibawah baik dari sisi cerita maupun aksi. Untuk mengembalikan era kejayaan film-film horor produksi Universal dekade 30-an rasanya juga masih jauh dari impian. Nuansa suram film ini plus musik (Elfman) banyak mengingatkan pada film-film garapan Tim Burton. Entah jika digarap Burton apakah bisa lebih baik? (B)

No comments: