The Tourist, Depp and Jolie + Venice? Disaster

30 Desember 2010
The Tourist (2010)
Sutradara: Florian Henckel von Donnersmarck
Produser: Graham King / Tim Headington / Roger Birnbaum
Penulis Naskah: Florian Henckel von Donnersmarck / Christoper Mc Quarrie / Julian Fellowes / Jerome Salle (film asli)
Pemain: Johnny Depp / Angelina Jolie / Paul Bettany / Timothy Dalton
Ilustrasi Musik: James Newton Howard
Penata Kamera: John Seale
Editing: Joe Hutshing / Patricia Rommel
Studio: GK Films / Spyglass Entertainment / Studio Canal / Realtivity Media
Distributor: Columbia Pictures
Durasi: 103 menit
Bujet: $100 juta

Alexander Pearce adalah seorang buron internasional yang telah menggelapkan uang ratusan milyar Poundsterling. Interpol Inggris dibawah pimpinan Inspektur John Acheson (Bettany) mengawasi gerak-gerik wanita bernama Elise (Jolie) yang diduga dekat dengan Pearce. Elise mendapat petunjuk melalui sebuah surat agar ia bisa bertemu dengan Pearce sekaligus mengecoh para polisi yang menguntitnya. Elise mengikuti petunjuk untuk naik kereta ke Kota Venice dan duduk dengan seseorang yang sosoknya mirip dengan Pearce, yakni seorang turis bernama Frank Tupelo (Depp). Elise juga mengajak Frank untuk menginap di sebuah hotel mewah di Venice. Pihak polisi Inggris yang semula ingin menangkap Frank menyadari jika ternyata mereka dikecoh namun satu kelompok gangster yang mendapat info yang salah justru ingin menangkap Frank.

Film ini konon adalah remake film Perancis berjudul Anthony Zimmer (2005). Entah seperti apa film aslinya, satu kelemahan menyolok film ini adalah plotnya yang buruk. Ide cerita sebenarnya cukup menarik sekalipun tak orisinil namun naskahnya tidak mampu memberikan cukup unsur misteri serta ketegangan yang diharapkan. Semuanya serba datar dan membosankan. Bahkan penonton yang cerdas sudah bisa menebak ending filmnya sejak awal. Amat terlalu mudah. Siapa menduga plotnya bakal seburuk ini? Naskah yang buruk juga diperparah dengan dialog-dialog yang sangat konyol dan tak perlu. Tempo film yang lambat dan membosankan, kisahnya yang cenderung serius, minim adegan aksi, ending yang sangat mudah ditebak, serta dialog yang buruk, Anda mau komentar apa lagi?

Kombinasi bintang sekelas Depp dan Jolie sepertinya menjanjikan sebuah film yang istimewa namun terlepas dari naskahnya yang buruk, penampilan mereka juga sama sekali tidak menggigit. Tak ada sedikipun chemistry di antara mereka berdua. Sungguh konyol, akting Depp dan Jolie jelas terlalu lemah untuk karakter yang mereka perankan. Lokasi setting di kota air Venice juga menjanjikan sebuah panorama yang indah dan eksotis namun nyatanya juga tidak. Sudut-sudut kota Venice yang dipilih sama sekali tak menarik dan terlihat sepi. Kota Venice tak pernah terlihat membosankan seperti ini dalam sebuah film.

Sungguh mengherankan mengapa “tone” filmnya cenderung serius dan tidak mengarah ke komedi. Akting dan dialog konyol serta plot yang mudah diantisipasi rasanya lebih cocok untuk film full komedi. Sungguh mengherankan pula bintang sekelas Depp dan Jolie mau terlibat dalam film ini. Dengan segala kelemahan naskah dan dialognya, kasting dua bintang besar era ini, serta bujet sebesar $100 juta tak salah jika film ini layak disebut sebagai salah satu film terburuk yang diproduksi tahun ini. “$20 juta (operasi wajah) kamu memilih wajah seperti ini?”. “Memang bagaimana penampilanku?”. “Hmm.. not bad”. Sayangnya tidak untuk film ini. (F)

No comments: