Red, Melihat Aksi Para Aktor Gaek

Oktober 2010
Red (2010)
Sutradara: Robert Schwentke
Produser: Lorenzo di Bonaventura / Mark Vahradian
Penulis Naskah: Jon Hoeber / Erich Hoeber
Pemain: Bruce Willis / Mary-Louise Parker / Morgan Freeman / John Malkovich / Helen Mirren / Karl Urban
Ilustrasi Musik: Christophe Beck
Sinematografi: Florian Ballhaus
Editing: Thom Noble
Studio: di Bonaventura Pictures / DC Entertainment
Distributor: Summit Entertainment
Durasi: 111 menit
Bujet: $ 58 juta

Frank Moses (Moses) adalah seorang pensiunan CIA yang kini hidup nyaman. Frank yang hidup sendirian mencoba mendekati Sarah (Parker) seorang customer service yang tinggal di kota lain. Suatu ketika tanpa alasan yang jelas, Frank menjadi target para pembunuh profesional. Frank lalu menyatroni Sarah dan memaksanya pergi bersamanya karena ia anggap nyawanya juga terancam. Sarah dengan terpaksa mengikuti Frank menyambangi para agen lainnya yang ternyata juga menjadi target, yakni Joe (Freeman), Marvin (Malkovich), serta Victoria (Mirren), bersama-sama mereka mencoba menguak misteri ini. Di lain pihak seorang agen muda, Cooper (Urban) ditugaskan untuk memburu dan membunuh mereka.


Entah mengapa tahun ini banyak sekali film aksi yang menggunakan plot nyaris mirip, yakni mantan militer atau mantan agen yang beraksi kembali. Sebut saja The Looser (sama-sama adaptasi komik DC), The A-Team, hingga The Expendable. Alur plot Red juga banyak kemiripan dengan Knight and Day yang dibintangi Tom Cruise. Dari sisi plot jelas tak ada sesuatu yang baru ditawarkan selain sisi humornya. Dari awal pun seberapa misterius kisahnya, ending-nya sangat mudah kita duga. Nilai lebih film ini jelas ada pada para kastingnya yang merupakan aktor-aktris gaek kelas satu.

Bedanya dengan film-film pesaingnya, Red tidak mengumbar adegan-adegan aksi begitu saja. Seperti layaknya film detektif, alur plotnya mengalun sedang mengikuti Frank dan rekan-rekannya yang mencari info demi info dengan skema yang mereka rencanakan. Adegan-adegan aksinya pun tersaji rapi dan realistik tidak seperti film-film aksi kini.Willis seperti biasa dengan gaya khasnya bermain tipikal dengan peran yang sering dimainkannya, tampak jauh lebih muda dan enerjik. Ia bermain baik dengan siapa saja, tidak jelek namun juga tidak spesial. John Malkovich sedikit mencuri perhatian sebagai mantan agen yang paranoid. Yang menarik adalah Helen Mirren, tak disangka ia bisa bermain lembut dan anggun sekaligus dingin serta begitu garang ketika membrondong senjata.

Red secara keseluruhan merupakan film aksi yang menghibur terutama bagi para fans Bruce Willis. Nilai lebih film ini ada pada permainan para aktornya serta unsur komedinya. Sayang sekali, dengan para kasting berkelas seperti ini mestinya mampu dihasilkan cerita yang lebih baik dari ini. Setidaknya film ini sedikit lebih baik dari para film-film aksi pesaingnya tahun ini. (B-)

No comments: