Ice Age 3, Just for Fun...

3 Juli 2009,
Satu lagi seri sukses, Ice Age: Dawn of The Dinosaurs turut meramaikan demam sekuel dan remake musim panas tahun ini. Film ini diarahkan oleh Carlos Saldanha yang juga menggarap sekuel keduanya. Sekuel ketiga kali ini masih menggunakan suara pemain seri film sebelumnya, seperti Ray Romano, Chris Wedge, John Leguizamo, Denis Leary, Queen Latifah, Sean Willian Scott, serta bintang baru aktor Inggris, Simon Pegg.
..

Film mengisahkan kembali petualangan trio Manny, Diego, dan Sid, plus rekan-rekan baru mereka (film kedua) yakni, Ellie (istri Manny), Eddie, dan Crash. Dikisahkan persahabatan ketiganya mulai merenggang tatkala Manny mulai mencurahkan semua perhatiannya ke Ellie yang kini tengah hamil. Diego lalu memutuskan untuk pergi sementara Sid memutuskan untuk menjadi ayah dari tiga telur hewan asing yang tidak sengaja ia temukan. Tak disangka telur-telur tersebut ternyata adalah telur hewan purba (T-rex) yang telah lama punah. Bayi-bayi T-rex yang baru menetas lantas menganggap Sid ibu mereka. Sementara sang empunya telur marah besar. Induk T-Rex lalu membawa ketiga anaknya dan Sid ke dunia bawah tanah yang ternyata merupakan habitat hewan-hewan purba tersebut. Manny, Diego, dkk bergegas menolong Sid dan petualangan pun dimulai.

Ice Age (2002) merupakan kisah awal terjalinnya persahabatan antara Manny, Diego, dan Sid. Kisahnya pun cukup menyentuh terlebih karena melibatkan unsur manusia (bayi) yang menjadi penyebab konflik cerita namun komedi dan aksi tetap menjadi kekuatan utama filmnya. Sekuelnya, Ice Age 2: The Meltdown (2006) menampilkan beberapa karakter baru dengan kisah bertema “global warming” yang sama sekali mengada-ada. Lantas apalagi yang ditawarkan Ice Age 3? Sama sekali tidak ada kecuali unsur komedinya. Naskahnya pun boleh dibilang konyol dan terlalu mengada-ada, seolah penulis naskah kehabisan ide. Film ini tampak sekali memaksakan cerita (sekuel) dengan mencoba menghadirkan kembali “masa silam” yang hilang. Dua spesies berbeda jaman dipertemukan dalam satu ruang dan waktu jelas menjanjikan sebuah konflik yang sangat menarik.

Pertanyaannya bagaimana mungkin hewan prasejarah yang telah punah puluhan juta tahun silam muncul kembali di era kini (cerita film)? Coba perhatikan, T-rex ada sekitar 65 juta tahun yang lalu, sementara mammoth (Manny) baru ada puluhan ribu tahun yang lalu. How could this happen? Dikisahkan para dinosaurus selama puluhan juta tahun terisolasi jauh di dunia bawah tanah yang sama sekali tidak tersentuh hewan-hewan “masa kini” di permukaan (???). Tumbuhan purba (tropis) dapat hidup melalui sinar matahari yang menembus lapisan es jauh diatasnya sehingga dunia bawah tanah nyaris sama terangnya dengan di permukaan bumi (???). Aneh juga, induk T-rex yang nyata-nyata mampu pergi ke atas (mencari anaknya) sama sekali tidak tergoda untuk tinggal di permukaan melihat sumber makanan yang sangat berlimpah. Trah dinosaurus bisa mendapat kesempatan kedua untuk menjadi spesies dominan di planet bumi. Bukankah judulnya filmnya, “Dawn of the Dinosaurs”? So silly isn’t it... jangan-jangan sekuel keempatnya berjudul Ice Age: Invasion from Mars!.. ha ha

Seperti dua film sebelumnya unsur komedi dan aksi masih menjadi andalan utama filmnya. Sid dengan polahnya yang konyol masih sama kocaknya seperti pada dua film terdahulu. Karakter Manny, Diego dan Ellie tidak banyak perubahan. Karakter Eddie dan Crash cukup menghibur dengan banyolan-banyolan khas mereka. Namun tercatat adalah karakter Buck (Simon Pegg) yang benar-benar mampu menghidupkan filmnya. Karakter karismatik bermata satu (satu ditutup) ini mampu bermain edan sebagai sosok pemimpin yang fasih dengan dunia bawah tanah. “Huh…dasar turis” ujarnya ringan setelah menolong Manny dan Diego yang nyaris tewas oleh tumbuhan pemakan daging raksasa. Bahkan banyolan “tak lucu” sekalipun ketika Buck menerima sambungan “handphone” pun terlihat sangat kocak. Bicara soal banyolan, tercatat satu adegan yang paling kocak adalah ketika Manny, Diego, Crash, dan Eddie terjebak di gua yang penuh dengan gas “tawa”. Sementara karakter Scrat bersama buah kenarinya kali ini mendapat porsi lebih dari dua film sebelumnya plus teman kencannya, Scratte.

Ice Age 3 sebenarnya adalah film tontonan untuk bioskop 3-D dan rasanya film ini jauh lebih atraktif dan menarik jika ditonton di bioskop dengan fasilitas ini. Sekuen-sekuen aksinya yang banyak berupa “roller coaster ride” sangat mendukung hal ini, seperti sekuen klimaks pertempuran di udara yang super seru dan kocak. Kualitas animasinya pun juga jauh lebih halus ketimbang dua film terdahulu. Secara keseluruhan Ice Age 3 adalah film segala usia yang cukup menghibur. Ceritanya filmnya memang konyol (baca: dumb) dan terlalu datar namun banyolan-banyolannya cukup untuk membuat satu isi gedung bergemuruh dengan gelak tawa. Tak ada ruginya menonton film ini. (C)

No comments: