The A-Team, Versi Modern Serial Aslinya

2 Juni 2010,
The A – Team merupakan film aksi yang diadaptasi dari film serial televisi berjudul sama yang populer pada dekade 80-an. Versi layar lebarnya kali ini digarap oleh Joe Carnahan dan diproduseri oleh duo sineas top, Tony dan Ridley Scott. Empat anggota The A-Team dibintangi oleh Liam Neeson, Bradley Cooper, Quinton Jackson, dan Sharlto Copley. Beberapa nama top juga ikut terlibat seperti, Jessica Biel dan Patrick Wilson.

Cerita film dibuka dengan latar belakang bagaimana keempat anggota The A-Team yakni, Hannibal (Neeson), Face (Cooper), B.A. (Jackson), dan Murdock (Copley) bisa bertemu secara tak sengaja dengan cara yang unik dan gila. Beberapa tahun setelahnya mereka berempat mendapat tugas di Timur Tengah. Hannibal mendapat tugas tak resmi dari atasannya untuk merebut plat cetak uang yang konon dimiliki pihak musuh. Di luar dugaan Hannibal ternyata dijebak dan seluruh anggota The A-Team ditangkap. Beberapa waktu kemudian pihak pemerintah diwakili agen Lynch (Wilson) memberi tawaran pada Hannibal dan anak buahnya untuk bisa mengembalikan status serta pangkat mereka dengan catatan mereka bisa merebut plat yang dulu mereka buru.


Seri televisi The A-Team yang populer di tanah air tahun 80-an, kita kenal melalui plot sederhana (good vs bad) dengan skema brilyannya, karakter-karakternya yang unik, aksi-aksi komikal (kekerasan tanpa darah) dengan bermodal peralatan apa adanya. Film layar lebarnya kali ini sepertinya mencoba untuk menangkap spirit film serial aslinya dengan sasaran penonton modern. Hasilnya jika kita bandingkan dengan aslinya jelas jauh berbeda terutama tokoh-tokohnya. George Peppard (Hannibal) yang karismatik serta Mr. T (B.A) yang selalu tampil eksplosif jelas tidak tergantikan. Neeson seringkali tidak mampu melepas aksen Inggrisnya plus sosoknya terlalu serius jika dibandingkan dengan George Peppard yang selalu tersenyum dan santai menutupi kecerdasan otaknya. Jackson dibandingkan dengan Mr. T jelas tampil kurang garang. Copley sebagai Murdoch tampil lumayan namun masih kurang gila jika dibandingkan Dwigth Schultz. Sementara Cooper sebagai Face tergolong yang paling berhasil menggantikan sosok Dirk Benedict, hanya ia sedikit kurang genit. Apakah perubahan karakter ini menjadi masalah? Jelas tidak bagi penonton yang belum pernah menonton film serinya.

Plot film serinya yang sederhana kini berubah menjadi rumit dan kompleks. Skema yang gila, tidak masuk akal, dan brilyan dengan mengandalkan team-work adalah nilai lebih plot serial The A-Team dan untuk film masa kini perubahan ini sepertinya bukan menjadi masalah. Cerita film serinya yang hanya berlokasi di seputar wilayah Amerika kini juga meluas ke beberapa kota dan wilayah di dunia. Tidak ada yang istimewa dengan plotnya dan plot sejenis sudah sering kita jumpai di banyak film. Jika Anda sudah menonton The Looser (2010), plotnya nyaris mirip, hanya The Looser sedikit lebih baik.

Tokoh-tokohnya yang unik dan gila plus skema brilyan yang gila tidak lengkap dengan aksi gila-gilaan pula. Film ini bisa dibilang menyajikan sekuen-sekuen aksi paling gila yang pernah ada. Seperti adegan aksi dalam “tank”, dijamin Anda belum pernah melihat adegan aksi demikian gila seperti ini. Tokoh-tokohnya yang cenderung “gila” dan nekat memang sangat mendukung adegan aksi seperti ini bisa muncul. Hanya adegan aksi komikal seperti film serialnya sudah tidak lagi tampak dan sepertinya memang sudah tidak cocok lagi untuk penonton modern.

The A-Team adalah sebuah tontonan aksi komedi yang sangat menghibur terutama untuk penonton yang sama sekali belum pernah melihat film serialnya. Sekalipun banyak perbedaan namun setidaknya film ini mampu menangkap spirit “madness” dan hingar bingar serial televisinya. Hanya itu saja tidak lebih. Akhir cerita filmnya jelas sekali membuka kemungkinan muncul sekuelnya jika ternyata film ini sukses komersil. (C-)

No comments: