Kutipan Back Cover Buku MEMAHAMI FILM

............
Pada umumnya orang masih melihat film secara terpisah. Film biasanya dinilai dari cerita atau tema, akting pemain, dan mungkin sedikit sinematografinya. Kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas. Pengetahuan tentang film sebagai karya seni masih berada pada ruang-ruang kuliah, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton film. Buku ini mencoba membuka dan menyebarkan rahasia memahami sebuah film. Memahami sebuah film berarti tahu dan mengerti unsur-unsur pembentuk film, yaitu aspek naratif dan aspek sinematik. Dalam buku ini pembaca akan diajak mengupas unsur-unsur tersebut melalui pokok bahasan:

1. Jenis dan Ciri Genre
2. Aspek Naratif:
- Pola Linier dan Nonlinier
- Struktur Tiga Babak dan Alternatif
3. Aspek Sinematik :
- Mise en Scene : Latar, kostum , dll
- Editing : efek Kuleshov, editing kontinuiti dan diskontinuiti, dll
- Suara : efek suara, ilustrasi musik, diegetic/nondiegetic sound, dll

Untuk memudahkan pemahaman pembaca pada setiap bahasan dalam buku ini dilengkapi dengan contoh film serta ilustrasi gambar. Khusus pada bab X secara khusus mengulas film melalui studi kasus Kill Bill Vol.1 untuk memberikan penegasan pada setiap bab yang sudah dibahas sebelumnya.
Harapannya dengan memahami film secara utuh maka penikmat film dapat lebih aktif dan responsif terhadap film-film yang ditonton, dan pada akhirnya dapat berguna bagi perkembangan film-film kita agar mampu bersaing secara estetika dengan film-film luar.

1 comment:

eva said...

cover bukunya juga kreatif tuh. Ikut share ya! ...Desain grafis bergerak dengan cepat. Perkembangan teknik desain serta kemajuan teknologi mempengaruhi hasil karya desainer. Contohnya cover buku 8 warna, desain brosur, desain logo bisa dibuat dengan menggunakan teknik cetak dan kekuatan desain. Serta pembelajaran yang menggunakan video tutorial.